Sunday, August 5, 2012

SAFARI RAMADHAN KE-3 DI DUSUN TERENGAN PEMENANG YANG MENGESANKAN


 
Jadwal rangkaian Safari Ramadhan kali ini untuk hari ke-3, jum’at(03/08/2012) akan menuju ke Kabupaten Lombok Utara tepatnya di Dusun Terengan Kecamatan Pemenang. Mengingat jarak yang dituju lumayan jauh dari Madrasaha Addiinul Qayyim Kapek maka para peserta team Safari Ramadhan mulai berkumpul jam 17.00 WITA di rumah sekretaris yayasan.


Segala sesuatu mulai dipersiapkan untuk mendukung kegiatan Safari Ramadhan ini seperti: snack untuk berbuka, nasi kotak dan Al Qur’an buat kenang-kenangan daerah yang dituju. Setelah  peserta berkumpul kemudian dilanjutkan dengan berangkat bareng menggunakan 2 mobil menuju lokasi.

Memasuki hutan Pusuk, sebagian peserta Safari Ramadhan sudah mulai ada yang merasa mual-mual mau  muntah dan pusing-pusing. Ini cobaan pertama yang di alami sebagian peserta sebelum sampai di tujuan.

Disaat memasuki pemenang dan hampir mendekati Dusun Terengan, terdengar suara Adzan dari radio yang menandakan waktu berbuka puasa dimulai. Segenap team peserta Safari Ramadhan berbuka puasa di dalam mobil dengan memakan buah korma seadanya dan untuk menyantap nasi kotak yang sudak dibawa rencananya di rumah seorang alumni yang berada diterengan.

Sesampai di Masjid Nurul Falah Dusun Terengan, team melaksanakan sholat Maghrib berjamaah bersama pendudukan yang waktu itu sudah selesai berbuka bersama di Masjid. Selesai melaksankan sholat Maghrib dan sunat Maghrib kemudian team Safari Ramadhan di undang oleh salah seorang penduduk untuk melanjutkan berbuka puasa dirumahnya. Hidangan berupa jajan, kue dan minuman disediakan oleh tuan rumah sampai menunggu waktu Isya’ mulai.

Dirumah penduduk yang mengundang berbuka puasa inilah awal kisah kejadian yang sungguh sangat berkenan yang dialami oleh team Safari Ramadhan, team Safari Ramadhan mengharapkan setelah selesai sholat Maghrib kepinginnya langsung makan pakai nasi tapi tuan rumahnya bilang “kalau berbuka pakai nasi nanti setelah sholat Isya’”. Mendengar ucapan tuan rumah, team Safari Ramadhan saling senyum dan saling lirik satu sama lain. Apa yang terbayang di kepala mengenai bagaimana nikmatnya nasi yang akan disantap setelah selesai sholat Maghrib hilang seketika berganti dengan tekat baja menjaga kesabaran, kelaparan karena ada yang tidak makan saur waktu itu dan mengambil jalan alternatif untuk mengganjal perut agar tidak berbunyi pada saat sholat Isya’ dan Taraweh nanti dengan memakan jajan yang bisa mengeyangkan sementara waktu.

Selesai sholat Isya’ dan Taraweh kemudian dilanjutkan dengan acara Ceramah yang disampaikan oleh Ust. H. Mahsun, S.Pd.I. sebelum acara ceramah dimulai terlebih dahulu sambutan dari kepala desa Terengan Bpk. Makhnun.

Demikian kegiatan team Safari Ramadhan hari ke-3 di dusun Terengan kec. Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Semoga ada manfaat yang dapat di petik dari kegiatan ini dan semoga ibadah Ramadhan yang kita lakukan kali ini lebih baik dari tahun kemarin. Aamiin.  (Alfuad Gapuki)






No comments:

Post a Comment