Friday, August 3, 2012

13 SURAH YANG DIBACA BERULANG-ULANG DIBULAN RAMADHAN


Kalau didalam sholat kita kenal dengan surah Al Fatihah yang berisi 7 ayat yang sering dibaca berulang-ulang setiap akan sholat baik berupa sholat fardhu maupun sholat sunnat. Demikian juga halnya dengan dibulan Ramadhan ini, ada sebagian masyarakat yang mengamalkan 13 surah yang sering dibaca setiap sholat Tarawih.


Surah yang sering dibaca berulang-ulang itu adalah surah At Takaasur(102) sampai surah An Naas(114). Surah ini menjadi surah idola para jamaah dan imam sholat, tanpa membaca surah ini sholat Tarawih yang dilakukan dengan 20 rakaat terasa kurang mantap dan menyakinkan.

Jamaah dan imam bisa lebih dipermudah lagi mengingat berapa rakaat sholat taraweh yang sudah dkerjakan dan sang imam terkadang bisa membaca 13 surah ini lebih cepat dari kecepatan sepeda anak-anak. Bila imam membacanya lambat sedikit aja maka para jamaah akan mengeluh dan protes terhadap sang imam dan akibatnya terkadang sang imam itu tidak lagi bisa memimpin sholat taraweh.:D

Kalau kita berpikir dengan jernih sebenarnya kita akan merasa rugi bila sholat taraweh yang kita lakukan hanya sekali dalam setahun ini  terlalu cepat selesai dan tidak bisa menyimak dan meresapi surah lain yang ada di kitab suci Al Qur’an.

Kenapa hanya 13 surah itu aja yang dibaca setiap sholat taraweh? Ini perlu kita pertanyakan alasan dipilihnya surah tersebut.

Mempertanyakan alasan penggunaan 13 surah tersebut berarti harus melihat sejarah masuknya Islam di nusantara. Dan kita sudah sama-sama ketahui bahwa sebelum Islam masuk, masyarakat masih menganut agama Hindu sehingga akan terasa berat bila orang yang baru masuk Islam(mualaf) melaksanakan sholat Taraweh dengan menggunakan surah-surah yang panjang sehingga oleh para ulama dipilihlah surah-surah yang pendek agar memudahkan untuk diingat dan cepat dibaca oleh imam.

Namun sekarang dengan masyarakat yang sudah berislam sejak masih dalam kandung ibunya, seharusnya apa yang sudah diajarkan oleh para ulama terdahulu itu perlu ditingkatkan kembali dengan membaca surah-surah yang lebih panjang lagi dan bila perlu mencoba dengan membaca 1 juz Al Qur’an tiap sholat Taraweh. Jangan menjadikan kebiasaan yang sudah turun temurun itu tidak bisa dirubah sama sekali tapi perlu kita sempurnakan dan tingkatkan karena surah Al Qur’an bukan hanya 13 surah itu saja.

Mumpung masih dibulan ramadhan, alangkah lebih bagusnya kita tingkatkan iman dan taqwa kita agar Ramadhan tahun ini lebih baik daripada tahun kemarin. Aamiin. (Alfuad Gapuki)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment