Thursday, April 23, 2015

Rencana Acara Pelepasan dan Wisuda Santri MA Ad Diinul Qayyim 2016



Tiap tahun pelepasan santri MA Ad Diinul Qayyim acaranya selalu saja sama yang berbeda hanyalah background panggung, peserta pelepasan dan santri kelas 10 dan 11 yang Cuma jadi penonton. Kalau masalah susunan acara dan teknisnya tidak ada perubahan sejak mulai pertama di adakan hingga tahun 2015 ini.


Menjaga Tradisi, ya kata itu mungkin yang selalu diingat oleh para santri hingga sekarang sehingga mereka belum berani untuk mencoba hal-hal yang baru atau mungkin karena terlalu senang dimanja oleh Madrasah sehingga daya kreatifitasnya masih tersimpan dengan rapi dikepala masing-masing.

Dunia sudah berubah dan kitapun mesti mengikuti perkembangan dunia agar kita tidak tertinggal dengan sekolah/madrasah yang lain. Mesti ada perubahan untuk menuju yang lebih baik dan salah satunya dengan merubah acara pelepasan santri kelas 12 pada tahun yang akan datang dengan cara formal dan elegan.

Kalau biasanya cara pelepasan santri itu sangat mirip dengan perayaan hari-hari besar yang di adakan di madrasah maka pada tahun depan Insya Alloh acara pelepasan santri menggunakan acara Wisuda dengan melibatkan para orang tua santri untuk ikut serta dalam acara wisuda tersebut.

Bagaimana dengan biaya untuk acara wisuda? Kalau mau dilaksanakan acara wisuda ini para santri yang kelas 12 membuat tabungan kelas dengan masing-masing minimal mengeluarkan RP. 5.000 per pekan mulai ajaran baru dan kalau sudah memasuki bulan april nanti maka para santri akan mempunyai dana acara wisuda masing-masing Rp. 200.000.-. kalau santrinya serius dan konsekuen menabung Insya Alloh tidak akan merasa berat.

Ini mungkin salah satu solusi praktisnya yang bisa dilaksanakan dan kalau ada yang punya solusi yang lebih baik itu mungkin bisa digunakan. Yang penting acara pelepasan santri mesti berbeda dari yang lainnya dan jangan sampai hanya bisa ikut-ikutan saja tanpa pernah berani mencoba hal yang baru.   
STM MTR 20150423  12:37  (Alfuad Gapuki)


Foto: SMA PGRI 1 KUDUS

No comments:

Post a Comment