Sudah
menjadi kegiatan rutinitas tiap tahun di
sekolah maupun di madrasah, setiap siswa baru mesti melakukan Masa Orientasi
Siswa(MOS). Demikian halnya dengan Madrasah Addiinul Qayyim Kapek Gunungsari
Lombok Barat ini, mulai hari Ahad sampai Senin(08-09/07) melakukan kegiatan MOS
buat para santriwan/wati baru.
MOS kali
ini di ikuti oleh 132 santriwan/wati yang dibagi menjadi 4 kelompok yaitu
kelompok Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’I dan Imam Hambali. Dan tiap
kelompok terdiri dari 32 santriwan/wati.
Pada hari
pertama seluruh santriwan/wati melakukan upacara pembukaan MOS yang dipimpin
langsung oleh Bapak Kepala Sekolah MA. Addiinul Qayyim M. Amrullah, MM. setelah
upacar kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Wiyata Mandala(vis,
misi, struktur organisasi, program, tata tertib dan keunggulan Madrasah) yang
dilakukan oleh Ustadz H. Abdul Wahid, M.Si., Zubae’I, S.Si., M. Tubagus,
S.PdI., H. Mahsun, S.PdI.
Di hari
kedua setelah selesai upacara kemudian dilanjutkan kembali dengan penyampaian
materi dengan judul Konsep Pengenalan Jati Diri Siswa(Psikologi Remaja, bakat,
Minat, Kecakapan, Afeksi) dan Cara Belajara Efektif yang dilakukan oleh:
Ismarli, SS., Drs. H. Masri, Hilmy Apriani, S.Pd., Nur Asmi Amriani, S.Pd.
Setelah penyampaian materi para santriwan/wati kemudian
dikumpulkan di Musholla plus aula untuk melakukan Sholat Dhuha + LKBB(Latihan
Kegiatan Baris Berbaris), selesai sholat Dhuha dilanjutkan dengan istirahat
lalu acara pengahangat suasana dan ISHOMA(Istirahat, sholat dan makan). Pada
waktu sholat Dhuhur seluruh peserta MOS melakukan sholat secara berjamaah,
kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi keagamaan oleh TGH. M. Khudaeri,
S.Pd dan Ust. H. Mahsun, S.PdI.
Acara yasiinan dan do’a dilakukan buat pendiri
Ponpes Addiinul Qayyim Kapek Gunungsari dilanjutkan setelah penyampaian materi
keagamaan. Selesai yasiinan dan do’a kemudian dilanjutkan dengan acara Ta’aruf
antar kelompok, Sholat Ashar berjama’ah, olah raga gembira kemudian dilanjutkan
dengan upacara penutupan. (Alfuad Gapuki)
No comments:
Post a Comment