Sunday, December 21, 2014

WISATA EDUKASI SANTRI MA. ADDINUL QAYYIM DI PANTAI MANGROVE SEKOTONG LOBAR



 
Kegiatan wisata edukasi yang dilakukan oleh santri  MA. ADDINUL QAYYIM  LOBAR kali ini di pusatkan di lokasi hutan mangrove sekotong Lombok Barat. Seluruh santri kelas XII dari 3 jurusan yakn jurusan IPA, jurusan BAHASA  dan jurusan IPS ikut serta mengikuti kegiatan wisata edukasi ini.


Sebelum berangkat menuju lokasi, terlebih dahulu santri melaksanakan sholat dhuda dan do’a bersama di Musholla tengah  yang dipimpin oleh Ust. H. Abdul Wahib, M.S. sedangkan mobil yang dipersiapkan untuk kegiatan ini berjumlah 6 buah.

Tepat sekitar jam 09.00 rombongan wisata edukasi berangkat menuju lokasi yang dituju, dengan rute yang dilalui mulai dari  MA. ADDINUL QAYYIM  menuju lembar kemudian di pertigaan lembar belok ke kiri kemudian lurus sampai di lokasi hutan Mangrove.

Dalam perjalanan menuju lokasi kemarin, ada kejadian yang suangat antik dan aneh bin nyeleh. Kejadian itu adalah adanya permintaan dari salah seorang santri putra yang minta di turunkan dari mobil karena mau pulang. Permintaan pertama dikira Cuma bercanda saja tapi setelah 3 kali meminta turun dengan memberikan alasan kalau rumah kakaknya dekat beberama meter dari lapangan rembiga Mataram maka Ust. Amrullah menginzinkan santri tersebut untuk turun dari mobil yang ditumpanginya.

Sesampai dilokasi hutan mangrove para santripun turun dari mobil dengan teratur. Mumpung dipinggir jalan hutan mangrove ada warung, para santripun mengerubungi warung tersebut untuk membeli snack, es, air minum dan segala yang mereka butuhkan.

Setelah selesai belanja para santri di arahkan untuk langsung ketempat pembibitan pohon mangrove sekaligus menanam pohon mangrove dan mewawancarai masyarakat sekitar yang tahu tentang seluk beluk lokasi mangrove dipinggirri pantai.

Sebagian santri ada yang mewawancarai masyarakat yang ada dirumahnya dan sebagian lagi mewawancarai masyarakat yang ada di pantai yang sedang mencari ikan. Terik matahari tidak mempengaruhi antusias para santri untuk menggali informasi tentang pohon mangrove dan Segala pertanyaan di ajukan kepada salah satu masyarakat yang sedang mencari ikan walaupun wawancaranya berada didalam air laut  sambil basah-basahan. Hal ini terlihat dari wawancara jurusan 12 IPA yang dipimpin oleh Zema Juliana Aulan cs.

Puas melaksanakan wawancara dengan masyarakat sekitar, kemudian santri  dikumpulkan kembali untuk diberikan kesempatan berfoto bersama atau foto selfie bagi yang membawa HP. Selesai dari hutan mangrove kemudian dilanjutkan menuju ke masjid terdekat untuk melaksanakan sholat Dhuhur secara berjamaah.

Selesai sholat dhuhur kemudian kegiatan dilanjutkan menuju ke pantai Cemara. Di pantai cemara inilah para santri bersantai ria sambil makan siang secara bersama-sama dan setelah selesai makan santri dipersilahkan untuk menikmati  keindahan pantai cemara sepuasnya.

Moment-moment seperti inilah yang akan sangat berkesan bagi para santri selama menuntut ilmu di MA. ADDINUL QAYYIM dan  tidak akan terlupakan dan tak akan terulang lagi untuk yang kedua kalinya. Semoga kenangan indah yang telah terekam dalam memory para santri ini tetap teringat hingga akhir hayat nanti. Dan semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan selamanya buat MA. ADDINUL QAYYIM . Aamiin. (Alfuad Gapuki)

















12 IPS PUTRA lagi wawancara

12 IPA lagi wawancara
 



 

Jalan setapak di hutan mangrove

Selfie dulu ah....

12 IPS

12 BAHASA

12 IPA 2014

12 IPS PUTRI

Pantai cemara







Add caption



Selfie bareng ah....


Sayonara...tahun depan pergi lagi



No comments:

Post a Comment